Rabu, 17 Februari 2010

GLOBALISASI
1. PENGERTIAN

Globalisasi terdiri dari dua kata, yang pertama yaitu Globe yang artinya bola dunia dan yang kedua yaitu Nisasi yang artinya proses. Jadi, Globalisasi berarti suatu proses mendunianya sebuah peristiwa dari satu wilayah ke wilayah yang lain.

Globalisasi adalah salah satu proses yang tidak dapat dihindari oleh setiap manusia, karena dengan adanya globalisasi maka kebutuhan setiap individu/ kelompok akan terpenuhi.

Dalam sejarah, globalisasi telah lahir sejak nenek moyang kita hidup di dunia ini. Hal itu ditandai dengan berkembangnya alat transportasi yang digunakan para pedagang pada zaman dahulu.

2. PROSES TERJADINYA GLOBALISASI

Globalisasi dapat berjalan jika syarat yang ada telah terpenuhi. Pada awalnya globalisasi berawal dari sebuah proses komunikasi, individu/ kelompok yang satu akan berkomunikasi satu sama lain sehingga terjadilah sebuah proses sosialisasi. Setelah masyarakat bersosialisasi dengan masyarakat lainnya, barulah akan terjadi globalisasi. Untuk memperlancar jalannya globalisasi, maka setiap pihak yang bersangkutan harus bertransparansi atau memiliki sikap yang terbuka kepada pihak lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Linkbucks

Buku Tamu Berfoto